: :

Navbar Bawah

Cari Blog Ini

Jumat, 10 Mei 2013

0

Jangan Jual Komputer Bekas Anda! Lakukanlah 5 Hal Bermanfaat Ini


Seiring dengan makin banyaknya perangkat komputer mobile seperti notebook, netbook, ultrabook, dan lainnya, maka sedikit demi sedikit penggunaan komputer semakin berkurang. Kebanyakan dari orang yang membeli laptop tersebut akan menjual perangkat komputer lama atau memberikannya kepada orang lain. Hal tersebut sangatlah wajar karena kebanyakan orang ingin mendapatkan keuntungan kembali dari komputer bekasnya.

Sebenarnya, ada berbagai hal lain yang dapat dilakukan selain menjual komputer bekas tersebut. Jika Anda termasuk ke dalam orang yang beralih dari komputer ke perangkat laptop, maka sebaiknya Anda berpikir ulang dahulu sebelum memutuskan untuk menjual komputer lama Anda. terdapat beberapa hal bermanfaat yang dapat Anda lakukan dengan komputer tersebut.



Menjadikannya sebagai web server
Tips pertama yang mungkin bisa Anda coba adalah dengan menjadikan komputer lama tersebut sebagai web server. Beberapa diantara kita mungkin ada yang memiliki website sendiri, maka daripada menyewa server di pihak lain, lebih baik Anda membuat server sendiri untuk website Anda tersebut. Pasalnya, dengan memiliki sebuah server sendiri, maka Anda dapat dengan bebas mengatur software apa yang ingin dipakai. Selain itu Anda juga dapat bebas mengupgrade server tersebut. Jika Anda kehabisan space di server tersebut maka Anda tinggal menambahkan hard drive, dan jika halaman website-nya terasa lambat ketika dibuka maka tinggal tambahkan saja RAM ke server tersebut.

Bereksperimen dengan virus
Jika Anda tidak memiliki website pribadi atau mungkin Anda tidak ingin menjadikannya sebagai web server, maka Anda dapat menggunakan komputer bekas tersebut sebagai tempat eksperimen. Anda dapat melakukan berbagai hal di dalamnya seperti menginstal berbagai macam aplikasi tanpa perlu khawatir lagi data-data Anda akan hilang. Jika Anda baru mendownload sebuah aplikasi namun Anda ragu apakah aplikasi tersebut mengandung virus atau tidak, maka Anda dapat mencobanya terlebih dahulu di komputer tersebut.

Dengan kata lain, komputer bekas Anda tersebut kini menjadi sebuah sandbox sebenarnya. Ya, sandbox yang sebenarnya karena bukan sandbox buatan yang ada pada software-software antivirus sekarang ini. Anda juga dapat menginstal berbagai macam software berbahaya di komputer tersebut karena Anda dapat menginstal ulang sistem operasinya kapan saja jika kerusakan di dalamnya.

Menjadikannya sebagai karya seni
Hal lain yang bisa Anda lakukan dengan komputer bekas tersebut adalah dengan menjadikannya sebagai karya seni. Hal tersebut tentu lebih bermanfaat ketimbang Anda membiarkannya menumpuk di gudang bersama barang rongsokan lainnya. terdapat banyak sekali karya seni yang berasal dari komputer jika Anda mencarinya di internet. Beberapa diantaranya bahkan dapat dibilang sangat kreatif. Contohnya, ada yang menjadikan komputer tersebut sebagai sebuah bingkai foto. Atau jika komputer bekas tersebut sudah memiliki wifi di dalamnya, maka Anda dapat menghubungkannya ke akun flickr untuk menjadikannya sebagai sebuah galeri foto online.

Meledakkan Komputer Tersebut
Jika ternyata komputer yang Anda miliki sudah rusak parah sehingga tidak bisa dijual atau dimanfaatkan untuk hal-hal di atas, maka mungkin Anda akan memutuskan untuk membuangnya. Tunggu dulu! Daripada Anda membuang komputer tersebut, maka mungkin lebih mengasyikan jika Anda meledakannya.

Walaupun terdengar cukup aneh, namun tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencoba tips ini. Apalagi jika Anda adalah seorang gamer, maka pasti Anda ingin merasakan bagaimna sensasi melihat ledakan bom di hadapan kepala Anda sendiri. Jika Anda tertarik untuk melakukannya, maka Anda dapat melihat referensi videonya




Mendaur Ulang Komputer Tersebut
Jika semua opsi di atas tidak ingin Anda lakukan, maka hal terakhir tentu saja membuangnya. Namun sebelum Anda membuangnya, pastikan Anda mendaur ulang semua komponen yang mungkin bisa digunakan lagi di masa yang akan datang seperti RAM, prosesor, hard drive, dan lainnya. selain membuat lingkungan Anda lebih sehat, mendaur ulang komponen komputer tersebut juga akan menjadikan Anda sebagai salah satu warga yang mendukung kampanye Go Green

0   komentar

Cancel Reply
FILM INDONESIA
FILM BARAT
FILM ASIA
Recent Posts
notifikasi
close