: :

Navbar Bawah

Cari Blog Ini

Selasa, 09 April 2013

0

Pulau Hantu Jepang


Pulau ini digambarkan sebagai tempat yang paling terpencil di Bumi dan merupakan salah satu dari 505 pulau tak berpenghuni di Prefektur Nagasaki yang terletak di pantai barat Jepang .
Pulau ini dikenal dalam bahasa inggris dengan sebutan ‘Battleship Island’ dan nama asli Gunkanjima adalah Hashima yang terletak sekitar 15 kilometer dari Nagasaki . Pulau ini mendapat julukan seperti itu karena kemiripannya dengan sebuah kapal perang militer .


Gunkanjima dulunya hanya karang kecil tapi, setelah penemuan batu bara pada tahun 1810, berubah menjadi fasilitas pertambangan selama industrialisasi Jepang. Ini memunculkan populasi pekerja dan penduduk yang semuanya padat dan menjadi sebuah metropolis mandiri .

Pulau yang luasnya hanya 15 hektar ini dihuni antara 1887 dan 1974, mencapai puncaknya pada tahun 1959 dengan 5.259 jiwa. Namun, setelah minyak bumi menggantikan batubara selama tahun 1960, tambang Jepang dilanda penutupan yang akhirnya ditinggalkan oleh para penduduk sehingga sekarang dikenal sebagai Pulau Hantu Jepang atau Ghostly Battleship Island.

Setelah 35 tahun penutupan, larangan mendarat di Gunkanjima dicabut yaitu tahun 2009, itu berarti kapal yang berlabuh di pulau itu tidak lagi ilegal. Namun, masih tetap ilegal untuk menjelajah di dalam tembok kota di pulau itu .



Sumber:
http://j-cul.com/hashima-island-alia...-hantu-jepang/

0   komentar

Cancel Reply
FILM INDONESIA
FILM BARAT
FILM ASIA
Recent Posts
notifikasi
close